Jumat, 03 Februari 2012

HARI RAYA BESAR KOREA

Diposting oleh 친 안 :) di 05.11

Kita yang ngaku k-popers pasti pernah denger kan yang namanya hari chuseok dan seollal? Itu adalah hari raya besar bangsa korea . kalo kalian nggak tau apa itu hari chuseok sama seollal yuuuk gue kasih tau wkwk :
1.CHUSEOK
     Chuseok itu adalah hari dimana seluruh masyarakat korea merasakan  syukur  atas panen yang melimpah. Hari raya ini sering juga disebut sebagai hari raya pesta panen. Hari chuseok biasannya dilaksanakan  setiap hari ke-15 bulan ke-8.  Saat merayakan chuseok, biasannya perempuan korea akan berkumpul dan membuat makanan yang wajib ada saat chuseok yaitu songphyeon. Songphyeon terbuat dari tepung beras yang baru saja dipanen. Pembuatan songphyeon dilakukan saat malam hari pas bulan bersinar terang tanpa lampu. Perayaan chuseok waktunya emang samaan sama bulan purnama. Jadi orang korea bisa merayakan chuseok sambil menikmatai indahnya bulan purnama. Songphyeol itu makanan ringan dan wajib saat chuseok. Makanan ini biasannya disuguhkan untuk tamu yang berkunjung kerumah kita.
2.SEOLLAL
     Seollal itu perayaan tahun baru masyarakat korea. Sebenernya di korea itu ada dua system perhitungan  kalender. Yaitu perhitungan kalender berdasarkan matahari (kalender umum) sama perhitungan kalender berdasarkan bulan. Pada saat seollal, masyarakat korea menggelar jeongjocharye yaitu ritual khusus untuk mempersembahin makanan sama minuman buat roh nenek moyang.  Pas melakukan jeongjocharye biasannya orang-orang akan bangun lebih pagi dan menata makanan dan minuman. Setelah itu, mereka akan melakukan penghormatan dan baca doa-doa khusus. Habis itu satu keluarga di rumah akan memberikan penghormatan sama org yg lbh tua. Terus anak kecil akan dapet uang taun baru yg disebut saebaetdon, kalo di Indonesia mah THR wkwk. Pas ngerayain seollal, orang korea akan pake baju baru yg disebut seolbim. Yaah rada mirip sama idul fitri lah pake baju baru hahah. Kalo jaman dulu seolbim itu identic sama hanbok, kalo sekarang baju baru enggak mesti hanbok kok, yang penting bajunya baru. Pas ngerayain seollal, orang korea punya tradisi khusus buat makan teokguk, yaitu makanan dari beras ketan tapi dimakannya dalam bentuk sup.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Busan Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea