Jumat, 03 Februari 2012

KOREAN CULTURE

Diposting oleh 친 안 :) di 04.32
Sebelum gue ngebahas tentang makanan korea. Gue akan ngajak kalian buat ngenal korea lebih jauh *eaa. Kali ini gue akan ngebahas tentang beberapa tradisi korea yang unik. Soo cekidot:

1. HANGUKINEUI INSABEOB
     Hangukineui insabeob itu adalah cara orang korea memberi salam. Seperti yang kita tau, orang korea selalu bungkukin badannya saat bertemu dan berpisah dengan orang yang ditemuinya. Biasanya, semakin dalam dan rendah tubuh orang saat memberi salam, itu nunjukin kalo rasa hormat mereka itu gede banget. Tapi biasanya hal itu terjadi pas pertama kali mereka bertemu. Tapi setelah 2x bertemu atau lebih, mereka boleh hanya mengangukan kepala.
2.CHANGPHOMUL MEORIGAMGI
     Changphomul meorigamgi itu kebiasaan orang korea untuk mencuci rambutnya untuk mengusir pengaruh buruk dari luar dan mendatangkan kebaikan.orang korea percaya kalo rambut indah dapat mendatangkan berkat kesehatan dan umur panjang. Biasannya pada awal bulan kelima, orang korea sama-sama mencuci rambut di tepi sungai dengan shampo herbal. Sejak dulu, orang korea percaya kalo sampo herbal yg keras dpt mengusir pengaruh negative dlm kehidupan. Sampo herbal terbuat dari berbagai macam akar pohon yg direbus dan bermacam-macam rempah. Jadi baunya cukup menyengat.
3.BOKJORI
     Bokjori itu tradisi orang korea yang membeli jori atau anyaman bambu berbentuk sekop dan digantungin di depan pintu rumah. Orang korea percaya kalo hal itu bisa mendatangkan kebaikan dan kebahagiaan sepanjang tahun. Pembelian dan pemasangan jori ini biasanya dilakukan pas akhir bulan ke-12 malam hari. Orang yang jualan jori biasannya menawarkan jori dengan suara yg keras, dan kepala keluarga akan membeli jori sesuai dengan jumlah anggota keluarga masing-masing.
4.JIPDEURI
     Orang yang baru pindah rumah, biasannya melakukan tradisi jipdeuri. Jipdeuri itu tradisi dimana orang yg baru pindah rumah akan ngundang teman,tetangga atau keluarga. Orang yg punya rumah biasannya akan nyiapin makanan yg lezat, dan orang yg datang akan membawa bingkisan. Sebenernya hal itu sering juga dilakuin di Indonesia. Tapi yg bikin beda itu di bingkisan yang dibawa oleh tamu. Bingkisan yg dibawa oleh tamu undangan justru bawa deterjen dan tisu. Orang korea yakin kalo tisu dan busa detergen bias mendatangkan kebaikan,rezeki,dan bisa menghadapi masalah dgn mudah.
5.WONILSOBAL
     Zaman dulu, perempuan atau laki-laki korea punya rambut yg panjang. Tiap mereka nyisir rambut, pasti ada beberapa rambut yg rontok. Rambut rontok itu nggak dibuang sembarangan tapi dikumpulin jadai satu di dalam kotak kecil yg terbuat dari kertas lilin. Rontokan itu dikumpulin sampai hari raya seollal tiba. Pas hari seollal, rambut itu akan dibakar agar mengusir dan mencegah penyakit yang akan datang di tahun berikutnya.
                Itu beberapa tradisi unik dari korea yang sampai sekarang masih sering dilaksanakan oleh masyarakat korea. Meskipun sekarang banyak Negara yang budaya tradisionalnya luntur karena modernisasi, masyarakat korea masih tetep melestarikan budaya tradisional. Kita orang Indonesia harusnya bisa belajar dari orang korea yang sampai sekarang masih melakukan dan melestarikan budayanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Busan Girl Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea